Blogroll

Kamis, 01 Desember 2011

CARA PEMASANGAN NOS

NOS (Nitrous Oxide System)



NOS ADALAH ZAT NITROUS YANG MEMILIKI KANDUNGAN OKSIGENNYA LEBIH BANYAK DARI UDARA BIASANYA

BERIKUT INI ADALAH CARA UNTUK MENGAKTIFKAN NOS:

  • TEKAN TOMBOL NOS PADA MOBIL
  • GAS NITROUS DARI BOTOL TERCAMPUR DENGAN BENSIN
  • MASUK RUANG PEMBAKARAN MELALUI INTAKE
  • KEMUDIAN DAPAT MENIMBULKAN LEDAKAN YANG BERTENAGA

BIASANYA DAPAT MENAMBAH KECEPATAN MESIN SEBESAR 50++. NITROUS SANGAT BERBAHAYA APABILA SERING MEMAKAINYA KARENA DAPAT MENGAKIBATKAN KERUSAKAAN MESIN APABILA PART DALAM MESIN TIDAH KUAT.

NITROUS MEMPUNYAI NAMA BEKAN N2O INI SERING DISEBUT NOS ( NITROUS OXIDE SYSTEM) . SEMUA MERK DARI NITROUS CARA KERJANYA SELALU SAMA. BANYAK ATAU SERING DI GUNAKAN DI AJANG BALAP TERUTAMA DRAG RACE.

NITROUS YANG BERBENTUK CAIRAN DI DALAM TABUNG BERTEKANAN INI MUDAH MENGUAP OLEH TEKANAN DARI ATHMOSPERE. SENYAWA INILAH YANG MASUK KE  COMBUSTION CHAMBER KEMUDIAN TERPECAH MENJADI 2 UNSUR YAITU OXYGEN DAN NITROGEN. KADAR OKSIGEN DALAM SENYAWA NITROUS OXYDE, BERCAMPURNYA OKSIGEN DENGAN HIDROKARBON LAH YANG MEMBUAT DORONGAN YANG BESAR PADA MESIN .

PERANAN DARI NITROUS INI ADALAH PENDINGIN, KOMPRESI, DAN OUTPUT TENAGA INSTAN YANG MEMBERI KOMPRESI TENAGA INSTAN AGAR MESIN MENDAPAT DORONGAN YANG HEBAT SELAMA NITROUS ADA DI CHAMBER
PENGGUNAAN PURG VALVE YANG SERING DIKATAKAN KEREN INI JUGA MEMPUNYAI GUNA SEBAGAI PEMBUANGAN ANGIN PADA NITROUS, SEHINGGA NITROUS LANGSUNG BERADA DI  SELENOID


Tipe pemasangan NOS antara lain:

1. Wet system

Pemasangan diantara manifold dan throttle body. atau single nozzle di saluran intake. Pemasangan ini mencampurkan nitrous dan bahan bakar di nozzle sehingga dinamakan wet system. Pemasangan ini relatif paling simple dan setingan lebih mudah.

2. Dry system

Pemasangan ini membutuhkan ekstra injektor untuk bahan bakar. Pemasangan nozzle di saluran intake. nitrous akan bercampur dengan bensin di extra injektor ini, lalu kemudian bercampur lagi dengan injektor bahan bakar, baru masuk ke chamber. Pemasangan dan settingan lebih rumit karena setting air-fuel ratio lebih susah. Caranya bisa dengan mengakali MAF sensor. Nozzle ini biasanya diset pada sudut 90 derajat.

3. Direct port system

Pemasangan yang paling rumit. ini membutuhkan pengeboran di manifold. Pemasangan yang langsung ke intake port mesin. prinsipnya mirip dengan wet system. Cuma nozzle yang bercampur bahan bakar + nitrous ini disalurkan secara mandiri ke tiap cylinder. Ada lagi jenis direct system yang multi-point. Ini menghasilkan tenaga paling besar. Nitrous disalurkan memalui 1 nozzle untuk 1 cylinder. Ini juga memungkinkan pemasangan selenoid yang lebih besar.

Masuknya nitrous ini lewat selenoid dan fogger, jenisnya pun beraneka ragam. Pemakaian nitrous identik dengan kecepatan instan dan tenaga instan. Banyak perubahan yang terjadi di mesin untuk pemakaian ini. Salah satu yang perlu diketahui, penambahan tenaga ini identik sama panas mesin, identik juga dengan kenaikkan kompresi. Kenaikkan kompresi inilah yang bisa mengakibatkan mesin berumur pendek.

Buat mobil Natural Aspirated, dimana kompresi mesin sudah tinggi, disarankan untuk tidak memasang nitrous, karena sangat fatal buat mesin. Hanya settingan rendah yang dianjurkan buat keawetan mesin di jangka panjang.

Buat mobil forced-induction, baik turbo maupun supercharged, pemasangan nitrous juga harus diperhitungkan secara teliti sebagai mana mesin natural aspirated. Walaupun mesin forced-induction udah berkompresi rendah, disaat boost masuk, kompresi naik drastis. Ini menghasilkan lonjakan tenaga yang besar.

Disaat kompresi tinggi oleh boost, pemakaian nitrous bisa fatal kalau tidak disertai timing setting yang tepat. Boost yang tinggi oleh turbo/supercharger, ditambah nitrous bisa berakibat komponen mesin rusak, seperti head, valves. piston, conrod bahkan sampai crankcase kalau berlebihan. Ada juga yang sampai retaknya blok dikarenakan mesin tidak bisa menahan lonjakan kompresi dan panas yang dihasilkan nitrous.

Pemasangan nitrous, apapun tipe dan mereknya. harus dipasang oleh orang yang mengerti dan ahli. Ada beberapa merek nitorus yang sudah terkenal seperti NOS, NX express, VENOM. VENOM merupakan salah satu merek termahal , dikarenakan sudah dilengkapi dengan modul untuk mengatur settingan nitrousnya

0 komentar:

Posting Komentar

(FFAHAS.COM)