Blogroll

Jumat, 06 Januari 2012

HUJAN METEOR PERTAMA DI TAHUN 2012



          Dari berbagai peristiwa di tahun 2012 muncul salah satu yang sudah terjadi yaitu Hujan Meteor.
pada tahun 2012 terjadi Hujan Meteor, yang terjadi pada rabu 4/01/12 ini terjadi di wilayah utara pada pukul 3-5  waktu setrempat. Fenomena ini akan memproduksi sekitar 60-200 coretan Meteor per jamnya dan ini merupakan Hujan Meteor yang cukup besar.
       




          Meteor ini mempunyai nama QUADRANTIDS. yang merupakan konstelasi yang dulu bernama Quadran Muralis. Jika langit terlihat sangat jelas dan gelap, sangat memungkinkan anda untuk melihat peristiwa tersebut yaitu meteor yang jelas dengan mata telanjang, dengan kecepatan di atas 100 meteor per jam.
          Meteor tersebut adalah bagian dari komet yang pecah beberapa abad lalu dan meteor yang anda liat sebelum fajar pada 4 januari itu adalah puing-puing kecil dari fragmentasi.
Setelah ratusan tahun mengorbit matahari, mereka akan memasuki atmosfer Bumi di 90.000mph, pembakaran naik sekitar 50 mil diatas permukaan bumi.

          Hujan meteor Quadranid berasal dari asteroid 2003 EH1, pertama kali dilihat tahun 1825. hujan meteor sendiri erjadi disebabkan karena adanya debu Asteroid yang ditinggalkan seiring pergerakannya.

0 komentar:

Posting Komentar

(FFAHAS.COM)